Return to site

Cara Alami Untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Petelur

Tips jitu untuk mendongkrak produktivitas ayam petelur

Cara Alami Untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Petelur

Seperti inilah Cara Alami Untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Petelur yang bisa anda coba terapkan.

Punya bisnis peternakan ayam petelur tapi hasil nya kurang memuaskan ??

 

Mungkin selama ini anda menjalankan bisnis nya ada yang salah atau keliru. Pada dasarnya menjalankan bisnis peternakan ayam petelur bisa di bilang susah susah gampang.

Supaya produktivitas ayam petelur meningkat anda haruslah memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

Pastikan lahan yang kita miliki cocok untuk memelihara ayam

Tempat atau lahan bisa di bilang adalah salah satu modal awal yang mana anda perlu menyiapan lahan yang cukup untuk kandang ayam.

Dan juga selain menyiapkan kandang ayam anda juga harus menyiapkan outdoor untuk ayam supaya tidak bosan. 1 ekor kurang lebih membutuhkan 1 meter persegi. Pastikan lahan yang kita miliki memang layak untuk ayam petelur karena hal ini akan membantu nanti dalam produktivitas nya.

Mendirikan rumah yang layak untuk ayam

Harus anda sadari bahwa ayam membutuhkan kandang yang dapat menjaga mereka dari cuaca ekstrim dan predator, pastikan kandang yang anda miliki memiliki ventilasi yang baik, aman dari predator dan juga memiliki luas yang cukup untuk jumlah ayam yang anda miliki.

Anda dapat meletakan rumput rumput kering dan tanah di dasar kandang ayam karena terkadang ayam suka memakan rumput dan mandi di tanah. Dan di tambah dengan meletakan jaring di sekeliling kandang ayam supaya ayam terhindar dari predator.

Untuk jenis ayam petelur jangan lupa meletakan kotak yang beralas jerami di dalam kandang yang akan di gunakan sebagai tempat bertelur. Dan pastikan kota tersebut cukup besar supaya ayam bertelur di dalam nya.

Memilih jenis makanan ayam yang tepat

Harus anda ketahui jika makanan ayam terdiri dari beberapa jenis dan juga memiliki kegunaan yang berbeda beda. Untuk ayam petelur makanan yang cocok adalah pellet karena di dalam nya mengandung kalsium yang tinggi.

Dengan pemberikan pakan jenis ini maka ayam petelur akan menghasilkan telur dengan kualitas yang baik.

Memberikan suplemen tambahan

Selain memberikan makanan pelet anda juga harus memberikan pakan tambahan yang mana dapat meningkatkan produktivitas ayam petelur. Anda dapat memberikan jagung giling kasar yang mana membantu meningkatkan ayam untuk mencerna makanan nya.

Dan juga jagung giling ini adalah sumber kalsium yang baik untuk ayam petelur, cangkang telur tersusun atas kalsium dan jika ingin meningkatkan dan menghasilkan telur yang berkualitas anda perlu memberi tambahan kalsium untuk ayam.

Selalu menyiapkan air untuk ayam sepanjang waktu

Anda perlu menyiapkan setidaknya kurang lebih 1 galon air untuk 3 atau 4 ayam , tentunya semakin banyak ayam yang anda miliki maka semakin banyak air yang anda butuhkan. Tentunya air yang harus anda sediakan adalah air yang selalu segar dan bersih.

Dan jangan lupa tempat minum tersebut di bersihkan setiap harus untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa saja menyerang ayam.

Memastikan makanan segar dan bersih

Untuk meningkatkan produktivitas ayam petelur anda harus selalu memastikan bahwa makanan ayam anda harus selalu segar dan bersih. Ketika malam anda dapat menutup wadah makanan ayam dengan tutup untuk mencegah adanya kontaminasi dari hewan kecil seperti kutu.

Biarkan ayam untuk keluar masuk kandang

Saat pagi tiba anda dapat memberikan ayam ayam yang anda miliki untuk keluar dan jika hari sudah petang atau gelap anda pastikan mereka sudah kembali ke kandang dan ingat jangan lupa untuk mengkunci kandang ayam jika ayam sudah masuk.

Biarkan ayam keluar masuk kandang untuk makan, minum atau bertelur karena hal ini mencegah ayam untuk stress dan supaya ayam bisa sesering mungkin untuk bertelur.

Keadaan yang mempengaruhi ayam dalam bertelur

Harus anda ketahui jika ayam ini bisa berganti bulu selama musim panas saat itu frekuensi bertelur ayam akan menurun , akan tetapi keadan ini tidak perlu di khawatirkan karena biasanya akan berlangsung selama 2 bulan saja.

Tentunya anda harus selalu memperhatikan keadaan dari ayam ayam anda sudah terus menghasilkan telur yang banyak dan baik.

Mengumpulkan telur ayam setiap hari

Biasanya setiap ayam akan bertelur sebanyak 1 telur setiap hari jika ayam tersebut tidak stress , anda bisa mengumpulkan telur telur ini di pagi atau siang hari supaya memastikan mendapatkan telur yang segar. Saat cuaca yang panas anda dapat mengumpulkan nya sebanyak 2 kali sehari.

Selalu membersihkan kandang setiap hari

Harus anda ketahui jika kandang ayam haruslah selalu di bersihkan setiap hari supaya mencegah dari hama seperti kutu dan penyakit. Alas kandang perlu di ganti dengan sering dan bersihkan kandang setidak nya satu kali dalam seminggu.

Itulah Cara Alami Untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam Petelur untuk anda yang saat ini sedang menjalankan peternakan ayam ini tidak ada salah nya untuk melakukan beberapa hal di atas yang akan mendongkrak hasil produktifitas ayam petelur.

Di zaman moderen ini tahukah anda bahwa ada cara yang lebih praktis lagi untuk meningkatan produktivitas ayam petelur yaitu dengan pemberian produk peternakan SOC-HCS yang mampu meningkatkan produktivitas secara alami

IKLAN >> PRODUK SOC -HCS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS AYAM PETELUR

INFO LEBIH LENGKAP KLIK GAMBAR

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly