Return to site

Cara Mengatasi Produksi Telur Puyuh Menurun

tips meningkatkan kembali produksi telur puyuh yang menurun

Cara Mengatasi Produksi Telur Puyuh Menurun

Inilah kiat khusus Cara Meningkatkan Produksi Telur Puyuh Menurun bisa anda coba supaya puyuh puyuh anda memproduksi telur nya lagi dan memberikan anda keuntungan yang berlipat.

Ada sebab ada akibat, jika produksi telur puyuh menurun tentunya ada sebab nya sehingga membuat puyuh puyuh yang anda miliki tidak memproduksi telur lagi

Tentunya hal itu harus anda sadari bahwa ada berbagai hal yang bisa menjadi faktor produk telur puyuh ini menurun seperti karena mutu bibit, kecukupan nutrisi , kesehatan puyuh itu sendiri dan keadaan lingkungan.

Salah satu kiat supaya puyuh memproduksi telur nya mencapai optimal haruslah di sertai dengan ransum yang cukup, nafsu makan yang turun dapat menghasilkan berat badan yang rendah.

Harus anda ketahui produksi telur salah satunya bergantung pada berat badan, saluran pencernaan dan reproduksi.

Untuk itu sebaik nya anda kenali beberapa penyebab dari produksi telur puyuh yang menurun seperti :

Lama pencahayaan

Harus anda ketahui jika puyuh petelur membutuhkan lama pencahayaan selama kurang lebih 16 jam supaya mempertahankan produk telur, sedangkan untuk lama pencahayaan alami dari sinar matahari biasanya hanya berlangsung selama 12 jam , jika pencahayaan kurang maka tentu nya ini akan mempengaruhi produksi telur yang akan menurun atau bahkan puyuh berhenti bertelur.

Karena kekurangan pencahayaan maka bulu bulu puyuh akan rontok , biasanya puyuh berhenti bertelur sekitar dua bulan , untuk mengatasi nya anda bisa memberikan tambahan cahaya untuk meningkatkan lama pencahayaan tetap konstan 16 jam per hari.

Nutrisi yang seimbang

Bagi anda peternakan puyuh , harus di sadari betul bahwa puyuh membutuhkan ransum dengan nutrisi seimbang untuk mempertahankan produksi telur selama masa produksi.

Cara Meningkatkan Produksi Telur Puyuh Menurun >>Jika nutrisi yang tidak tepat maka dapat mengakibatkan telur puyuh produksi nya menurun bahkan puyuh berhenti bertelur.

Jika energi , protein atau kalsium nya tidak tercukupi maka dapat menurunkan produksi telur, sebaik nya penting untuk menyediakan ransum yang mengandung nutrisi seimbang di masa produksi dengan kadar protein minimal 19 %.

Lelah kandang

Penyebab lain yang membuat puyuh menurun produk telur nya atau bahkan berhenti bertelur ialah lelah kandang atau osteoporosis yang mna sering terjadi pada puyuh petelur yang di pelihara dalam kandang baterai namun lelah kandang yang bisa terjadi payuh yang di pelihara dengan cara lantai liter karena di akibatkan kalsium, fosfor dan vitamin D yang tidak berkecukupan.

Cara Meningkatkan Produksi Telur Puyuh Menurun >> Saat puyuh yang mengalami lelah kandang berarti kekurangan kalsium dalam tulang sehingga menghentikan produksi nya dan mengakibatkan telur puyuh menurun tingkat produksi nya.

Ciri jika puyuh mengalami lelah kandang , kelumpuhan, patah tulang, bentuk tulang berubah dan kerabang telur retak.

Penyakit

Harus mewaspadai serangan penyakit karena meskipun puyuh terlihat sehat bisa saja terserang penyakit sehingga membuat produk telur puyuh menurun.

Waspada gejala nya seperti berupa lesu, bulu kusam , mata berair , keluar ingus dari hidung , batuk , rontok bulu, pincang, bahkan kematian.

Stress

Penyebab stress dapat mengakibatkan turun nya produksi telur puyuh , stress yang biasa terjadi seperti kedinginan, kepanasan, penangkapan dan pemindahan.

Umur puyuh

Harus anda ketahui jika umur puyuh yang semakin tua dapat berpengaruh pada produksi telur, pengaruh ini sangat bervariasi di antara individu puyuh, puyuh dapat berproduksi secara efisien selama 16 bulan hingga 2 tahun.

Produktivitasnya akan menutun secara umum, produksi telur paling baik selama tahun pertama namun puyuh petelur yang berproduksi tinggi dapat berproduksi cukuo baik selama 14-16 bulan

IKLAN >> SOC-HCS PRODUK PETERNAKAN YANG MENJADI TIPS KHUSUS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI TELUR PUYUH

KLIK GAMBAR UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly